Ketika Bakso menjadi bisnis Waralaba

Hai Para pengusaha Bakso! kali ini saya akan membahas tentang BISNIS WARALABA. anda pasti sering mendengan tentang WARALABA. kata lainnya adalah Franchise dan umum juga di sebut kemitraan. jadi sebenarnya apa sih Waralaba itu? saya akan menjelaskan dengan contoh yang sederhana: saya memiliki usaha bakso yang saya beri nama “Bakso Tolak Miskin” bakso saya ini begitu terkenal karena rasanya memang enak dan memiliki keunikan tersendiri. memiliki ciri khas. ciri khas nya adalah adanya campuran degan atau kelapa muda bakar pada kuahnya yang menjadikan bakso ini begitu nikmat, legit, dan maknyus kalau kata pak Bondan. Kemudian Merek dan ciri khas ini saya patenkan. di daftarkan HAKI. jadilah “Bakso Tolak Miskin” sebagai merek yang resmi dan memiliki ciri khas. jika ada yang meniru nama dan segala keunikan resep di dalamnya akan kena PIDANA. Karena Bakso Tolak Miskin ini begitu viral, sensasional, ngetren, dan kekinian banyak sekali yang ingin bermitra agar di izinkan untuk buka cabang Bakso Tolak Miskin di kota nya. Apabila anda mengizinkan disinilah terjadi penjanjian Waralaba, perjanjian Kemitraan, Perjanjian Franchise antara pemegang MEREK dengan Penerima waralaba. Penerima waralaba kata moderennya adalah Franchisee.

Apa saja sih yang harus di perhatikan saat ingin mewaralabakan Bisnis Bakso?

Kita kembali pada contoh Bakso Tolak Miskin Lagi ya. Ketika hendak menandatangani Perjanjian Waralaba. anda harus :

Menetapkan terlebih dahulu Syarat yang harus di penuhi penerima waralaba.

Berikut adalah contoh Syarat yang harus di penuhi Penerima Waralaba.

  1. Membayar biaya kontrak franchise yang meliputi izin penggunaan nama dan ciri khas. kontrak ini biasanya harus di perpanjang setiap 5 tahun, ada juga yang periodenya sampai 10 tahun.
  2. Menyetujui adanya Franchise Fee. misalnya pemilik merek meminta 2% dari total omset bulanan. ini adalah hal yang wajar dalam dunia Bisnis Franchise
  3. Menyetujui untuk menjaga nama baik Merek dengan tidak mengubah ciri khas, tidak menentukan harga yang terlalu mahal, dan tetap menjaga agar makanan di Sajikan dalam kondisi layak dan Steril.

itulah beberapa contoh syarat yang bisa anda wajibkan kepada penerima waralaba. Selain Syarat-syarat di atas, penerima Franchise juga punya hak yang harus di penuhi oleh pemilik Merek. diataranya adalah :

  1. Mendapatkan Izin tertulis untuk penggunaan merek dan ciri khas.
  2. Desain tempat usaha/restoran yang menyesuaikan dengan ciri khas merek.
  3. Pelatihan Karyawan.
  4. Jaminan ketersediaan bahan utama. karena contoh disini adalah usaha Bakso, maka anda menjamin kepada penerima waralaba bahwa anda siap Supply bakso/pentol secara terus menerus. continuously.
  5. upgrade resep atau menu jika diperlukan. jangan sampai di restoran pusat ada menu terbaru di restoran cabang tetap menu jadul.

itulah beberapa contoh hak yang bisa di dapatkan oleh penerima Franchise. hak maupun kewajiban dalam franchise selalu di atur sebelum penandatanganan perjajian. kedua belah pihak harus benar-benar menyetujui syarat dan hak yang di sebutkan agar tidak ada penyesalan atau konflik kerja sama di hari kemudian.

ini dia beberapa contoh usaha Bakso yang sukses memfranchisekan Merek nya.

  • Bakso Boedjangan

sumber : almazia.co

Kemitraan Bakso Boedjangan merupakan kemitraan restoran bakso kelas Premium. bisa dibilang ini merupaka kemitraan bakso berkonsep restoran paling serius yang ada di indoneisa. bukan restoran bakso abal-abal yang hanya mementingkan ukuran bakso dan harga. Bakso Boedjangan Juga memperhatikan Desain resto yang nyaman, dan rasa yang benar-benar SUPER! Bakso Boedjangan bisa anda temui di kota-kota besar seperti jakarta, Surabaya, Bekasi, Bandung, Makassar, Bogor, Tangerang dll. di kota anda sudah ada belum Bakso Boedjangan?

  • Bakso Malang Cak Eko

berdiri sejak 2006 hari ini Bakso Malang Cak Eko sudah memiliki lebih dari 100 Cabang.

  • Bakso Malang Karapitan

biasa di Sebut bakso BMK, berdiri sejak 2005 dan masih eksis sampai sekarang. untuk bisa menjadi mitra bakso Karapitan, anda harus menyiapkan modal setidaknya 150 juta

itulah beberapa contoh Waralaba bakso yang sukses di Indoneisa. anda jangan berkecil hati. pasar masih Luas. selama anda yakin Bakso anda punya Ciri khas, maka banyak yang ingin menjadi mitra waralaba bakso anda. Semangat!